Warung Soto Mbok Dele: Legendaris dan Jadi Langgan Para Artis

07 Februari 2023 14:14 WIB

Warung Soto Mbok Dele: Legendaris dan Jadi Jujugan Para Artis (Pemerintah Kabupaten Klaten)

KLATEN - Soto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang digunakan dalam makanan soto biasanya adalah daging sapi, daging ayam, namun ada pula yang menggunakan daging babi, daging kuda, hingga daging kambing.

Setiap daerah memiliki sajian khas tersendiri seperti soto betawi, soto banjar, hingga soto madura. Tak terkecuali di Klaten.

Salah satu soto legendaris di Klaten yang terkenal adalah Soto Mbok Dele. Memiliki rasa khas soto Solo dan Jogja, resep dan bumbu soto Mbok Dele cukuplah sederhana yaitu terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam dan merica.

Soto Mbok Dele berlokasi di Jalan Jogja-Solo, Klaten KM 8,4 tepatnya di Desa Klepu, Kecamatan Ceper.

Kenikmatan semangkok soto mbok dele juga membuat artis-artis ibukota mampir dan berlangganan seperti Eros dan Duta dari band terkenal Sheila on 7, Pelukis asal Jogja, Affandi. Dalang terkenal Ki Anom Suroto, Habib Syech, Kawan-kawan Srimulat, Dono Warkop DKI, Yati Pesek, Hingga Didi Nini Thowok.

Sumber Gambar : Faizal Musthofa

Dilansir dari berbagai sumber, Soto ini didirikan oleh Nyai Karto Wijaya. Soto Mbok Dele sendiri berdiri jauh sebelum Superiyanto, pengelola yang sekarang lahir. Supriyanto sendiri mulai meneruskan usaha keluarga ini sejak tahun 1997. Supriyanto adalah generasi keempat dari pendiri Soto Mbok Dele atau disebut eyang buyutnya.

Nama Mbok Dele sendiri diambil dari kata bahasa Jawa dele yang berarti kedelai, jadi dulu nenek buyut Supriyanto atau anak dari pendiri Warung Soto Mbok Dele yang bernama Ngatinem memiliki postur tubuh yang kurus dan kecil. Sehingga banyak orang yang memanggilnya dele. Setiap kali memesan soto orang-orang selalu menyebutkan “Kana tuku soto neng Mbokne Dhele (Sana beli soto di Ibunya Dhele).” “Terus lama-lama orang tahunya sini soto Mbok Dele,” ujar Supriyanto.

Aneka lauk olahan sapi juga tersedia di Warung Soto Mbok Dele seperti iso babat, otak goreng, kapur susu sapi, aneka jeroan hingga daging sapi. Tiap jenis lauk ini dibandrol dengan harga Rp.8 ribu per potong. Untuk sotonya juga sama, dapat Anda nikmati dengan harga Rp.8 ribu per mangkok.

Sumber Gambar : R Oktaiariza

Bagi Anda penderita asam urat atau darah tinggi tak perlu khawatir, karena warung soto Mbok Dele juga menyediakan lauk ringan seperti tahu dan tempe goreng.

Nah, bagaimana tertarik mengunjungi warung soto jujugan para artis ini?

Rumpi Rahayu

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.