Belum Sarapan? Yuk Nikmati Nasi Kuning Daeng Anas

14 Desember 2021 10:50 WIB

Nasi Kuning Makassar - Foto oleh Yakin (Nasi Kuning Makassar - Foto oleh Yakin)

SARAPAN sangat penting bagi tubuh, jadi jangan melewatkannya karena alasan sibuk atau terburu-buru. Asupan energi bagi tubuh di pagi hari harus cukup, utamanya kalau aktivitas harian padat.

Dikutip dari berbagai sumber sarapan pagi salah satu manfaatnya sebagai sumber energi. Sarapan diperlukan untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong.

Orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi, lebih mungkin mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol. Sedangkan sarapan sehat yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, menjaga berat badan yang sehat, berkonsentrasi lebih baik.

Banyak pilihan menu sarapan yang disarankan, seperti bubur, sereal, atau roti. Atau kalau di Makassar, menu sarapan yang biasa dikonsumsi, banyak dijajakan dan mudah ditemukan, seperti coto atau nasi kuning.

Kali ini, saya akan mereview menu sarapan yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga menjadi kesukaan semua kalangan di Makassar, yakni nasi kuning.

Nasi Kuning Daeng Anas, Tak Hanya Enak tapi Wangi dan Bergizi

Untuk ukuran sarapan, menu nasi kuning di Makassar sangat lengkap variannya. Tidak kalah dengan sajian untuk lunch atau makan siang. Menu nasi kuning dengan daging, telur, paru, daging ayam, sayur, suwiran kentang goreng dan sambel bajak disajikan.

Sehingga tempat makan nasi kuning enak dengan penilaian subyektif maupun obyektif dari masing-masing individu cepat tersebar dari mulut ke mulut. Selain enak, porsi nasi kuning juga menjadi pertimbangan pembeli.

Setelah mendengar penilaian beberapa orang, saya akhirnya memutuskan untuk mencoba menikmati nasi kuning di Warung Kopi Daeng Anas. Tempat yang terletak di bilangan Jalan RSI Faisal.

Setiap hari tempat ini dipenuhi oleh banyak pengunjung. Di pagi hari, menu yang banyak dicari adalah nasi kuning. Cukup dengan harga mulai Rp15.000 per porsi, Anda akan mendapatkan seporsi nasi kuning dengan lauk sayur, ayam goreng kecap, telur bulat, dan jangan lewatkan sambel pedasnya.

Nasi kuning yang dijual di Warkop Daeng Anas secara tampilan dan dilihat sekilas sama dengan nasi kuning pada umumnya. Namun, setelah diamati nasi kuning ini menggunakan santan asli perasan kelapa, bukan santan instan.

Nasi Kuning Makassar - Foto oleh Yakin

Wangi kunyit untuk pewarna kuningnya menyatu dengan rempah lain. Takarannya cukup sehingga perpaduan unsur utama yakni santan kelapa dan kunyit menciptakan rasa yang gurih. Rasa asin-nya pas tak berlebih.

Paduan dengan ayam goreng kecapnya juga pas. Namun, akan terasa lebih lengkap jika sambal pelengkapnya yang level pedasnya ada pada level enam kalau dalam skala satu sampai 10.

Tapi kalau mau memesan atau menikmati makanan enak ini, sebaiknya memesan di pagi hari. Karena banyaknya peminat, persediaan nasi kuningnya juga cepat habis. Apalagi harganya relatif murah dengan lauk yang lengkap.

Menu Lain di Warkop Daeng Anas

Sebagai warung kopi, menu utama Warkop Daeng Anas adalah kopi. Banyak dipesan adalah kopi susu. Warkop Daeng Anas sudah berdiri dari belasan tahun yang lalu, berawal dari hanya sebuah tempat kecil berdinding bambu.

Kini, Warkop Daeng Anas cukup familiar di Kota Makassar. Ada dua cabang, yakni Warkop Daeng Anas Faisal di Jalan RSI Faisal dan juga Warkop Daeng Anas Jalan Balaikota Makassar. Kedua warkop ini dikelola oleh dua bersaudara.

Selain kopi dan aneka jenis minuman lainnya, di tempat ini Anda bisa menemukan aneka jenis kue tradisional Makassar. Seperti roko'-roko' cangkuning. Kue yang mirip dengan nagasari tapi isian tengahnya adalah gula kelapa.

Ada pula songkolo. Songkolo merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan sehingga tampilan tekstur awalnya liat. Tapi empuk dikunyah. Songkolo yang ditaburi kelapa goreng ini pas dimakan dengan menggunakan sambal.

Pesan Daring untuk Sarapan Lebih Mudah

Bagi Anda yang pada pagi hari langsung sibuk dengan berbagai rutinitas harian di kantor dan akhirnya tidak sempat keluar untuk mencari sarapan enak di Warkop Daeng Anas, Anda bisa memesan secara daring, baik melalui aplikasi Go Food atau Grab Food.

Pembelian secara daring juga memberikan beberapa keuntungan, seperti potongan harga dari operator. Dengan pemesanan secara daring ini juga bisa membantu Anda tidak melewatkan waktu untuk sarapan dan membantu menjaga asupan nutrisi untuk tubuh.

Jadi, tunggu apa lagi? Silakan ambil gawai Anda dan pesan makanan maupun minuman enak ini dengan harga yang tidak membuat kantong Anda menjadi bolong.

(PENA/YAKIN)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.