Lotek Bu Nur, Makanan Tradisional yang Tetap Eksis di Tengah Kuliner Kekinian

23 September 2021 15:12 WIB

Lotek Bu Nur – Foto oleh Tyo

Kamu termasuk vegetarian? Atau ingin mengonsumsi makanan sehat? Nah, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada lotek, ini adalah salah satu rekomendasi kuliner Yogyakarta yang harus dicobain.

Lotek merupakan makanan tradisional yang banyak ditemukan di Yogyakarta. Bahkan pamornya tak pernah surut, meski terus tergerus berbagai macam kuliner kekinian.

Umumnya, lotek terdiri dari berbagai sayuran seperti bayam, kacang Panjang, timur, kol, dan tauge. Bumbu lotek sendiri terdiri dari kacang yang diuleg, yang ditambah dengan kencur, cabai rawit, bawang, garam, gula merah, dan air asam jawa. Bahan dan bumbu tadi kemudian dicampur

Salah satu warung lotek yang sangat terkenal di Yogyakarta adalah Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur. Warung lotek milik Nuryani ini punya banyak cabang, diantaranya di Jalan Palagan, Jalan Parangtritis, Jalan Ringroad Barat, Jalan Wates, Jalan Sorowajan, dan Jalan Jambon.

Saya pun tertarik untuk mencoba memesan lotek Bu Nur di Jalan Parangtritis Km 7, atau tepatnya di seberang Kampus Institut Seni Indonesia (ISI). Lokasinya tepat di pinggir Jalan Parangtritis sehingga cukup strategis dan mudah diakses. Tempat parkir dan tempat makannya juga luas. Tersedia juga kamar mandi di dalamnya. Warung ini sudah ada sejak 2001 lho. Jadi memang sudah makan asam garam di dunia ‘perlotekan’.

Warung lotek Bu Nur di Jalan Parangtritis ini buka dua sesi setiap hari. Sesi pertama pada pukul 08.00-16.30 WIB. Selanjutnya, sesi kedua buka pada pukul 18.30-22.00 WIB.

Kalau beli di sini wajib sabar, ya. Soalnya yang beli banyak. Jadi mau nggak mau kalian harus sabar menunggu antrian. Wajar sih banyak yang antri, karena harganya juga murah meriah. Dengan harga mulai Rp12.000, kalian sudah akan merasakan kenikmatan lotek yang menggoda lidah.

Menu Utama di Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur

Ada kabar baik buat kalian yang mager alias males gerak. Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur ini tak hanya melayani pembelian langsung atau secara offline. Jadi buat yang lagi males keluar rumah, kalian bisa memesan lotek di Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur dengan menggunakan aplikasi online GoFood dan ShopeeFood.

Lotek Bu Nur – Foto oleh Tyo

Saya sendiri kebetulan juga lagi males banget buat keluar rumah. Makanya saya memilih untuk memesan lotek dobel bakwan yang merupakan menu favorit saya dengan menggunakan aplikasi GoFood. Oh iya, kalian juga bisa memesan level kepedasan atau jumlah cabai yang kalian inginkan ya. Kalau kalian memesan secara online, tinggal tulis saja catatan di aplikasi online yang kalian pakai.

Untuk lotek dobel bakwan yang saya pesan ini, harga pemesanan melalui GoFood adalah Rp13.500. Itu merupakan harga promo ya, karena harga aslinya adalah Rp18.000. Menu lotek dobel bakwan ini adalah salah satu menu paling laris di Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur.

Sekitar setengah jam, lotek dobel bakwan yang saya pesan tiba. Saya termasuk beruntung karena sepertinya antrian tidak banyak.

Saya pun sudah nggak sabar buat nyicipin lotek dobel bakwan pesanan saya. Begitu dibuka aroma bumbu kacangnya sudah langsung menyerang pusat lapar saya.

Satu porsi lotek di sini memiliki ukuran yang cukup besar. Jadi kamu akan sangat puas menikmatinya. Cita rasa yang ditawarkan merupakan perpaduan antara gurih, manis, dan pedas.

Seporsi lotek dobel bakwan ini berisi beraneka macam sayuran, seperti bayam, kacang Panjang, kol, tauge, mentimun, tomat, irisan bakwan, dan ketupat, yang tentunya disiram dengan bumbu kacang yang sangat kental.

Gado-gado Terenak

Menu lain yang tak kalah laris di Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur adalah gado-gado. Gado-gado ini juga termasuk makanan sehat yang terdiri dari sayur-sayuran yang disiram dengan saus kacang. Tapi gado-gado ini lain dengan lotek ya.

Lotek Bu Nur – Foto oleh Tyo

Gado-gado Bu Nur berisi kol, mentimun, tauge, selada, tomat, kentang, telur, tahu. Bahan-bahan tadi disiram dengan bumbu kacang yang lembut dan ditaburi dengan kerupuk. Rasa keseluruhan dari gado-gado Bu Nur sangat mantap dan enak. Perpaduan bumbu kacang dan isi gado-gadonya pas banget di lidah. Oh, iya, banyak yang menyebut gado-gado ini sebagai salad jawa lho.

Gado-gado di Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur juga lagi promo lho untuk pembelian menggunakan aplikasi GoFood. Makanya harga gado-gadonya dibanderol dengan harga promo Rp13.875, lebih murah dari harga normal Rp18.500.

Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur ini juga menyajikan variasi lain seperti lotek dengan tambahan telur rebus, tahu guling, lontong opor, gado-gado+nasi, lotek+nasi, ketoprak, karedok, dan pecel. Harganya tetap terjangkau, yakni pada kisaran Rp12.000-21.000.

Dengan rasa yang sangat menggugah selera, wajar jika lebih dari 3 ribu pelanggan yang memesan melalui aplikasi GoFood memberikan rating 4,6 untuk Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur. Sementara rating 4,7 diberikan oleh lebih dari 500 pelanggan yang menggunakan aplikasi ShopeeFood.

Yuk, mumpung lagi banyak promo, pesan lotek di Warung Lotek dan Gado-gado Bu Nur dengan harga yang tentunya lebih murah plus gratis ongkos kirim. Jadi kalian nggak perlu repot-repot keluar rumah sudah bisa dapetin makanan sehat yang murah meriah.

(PENA/TYO)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.