Wedang Uwuh, Minuman ‘Sampah’ Berkhasiat Khas Imogiri

30 September 2021 10:30 WIB

Wedang Uwuh – Foto oleh Tyo

Di masa pandemi COVID-19 ini, wedang uwuh banyak dicari orang. Wedang uwuh diyakini mengandung antioksidan tinggi, dapat digunakan sebagai imunomodulator, serta sebagai sumber senyawa bioaktif. Intinya, wedang uwuh merupakan rekomendasi minuman sehat Yogyakarta yang bagus buat menambah imunitas dan tentunya menjaga kesehatan.

Lalu kenapa disebut wedang uwuh? Sesuai dengan namanya, dalam bahasa jawa “wedang” berarti minuman (makna dasarnya air yang telah direbus atau dimasak). Sementara “uwuh” mengandung arti sampah. Berarti wedang uwuh sama dengan minuman sampah dong? Atau minuman yang terbuat dari sampah?

Eitss, jangan berprasangka buruk dulu. Wedang uwuh ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran kayu secang, jahe, daun pala, daun kayu manis, ranting cengkeh, cengkeh, daun cengkeh, kapulaga, dan gula batu yang sangat berkhasiat dan menyehatkan tubuh.

Wedang uwuh merupakan minuman sehat asli daerah Imogiri, Bantul, DIY. Namun, saat ini, banyak toko atau warung yang menjual minuman ini. Salah satunya adalah Wedang Uwuh Farellin, di Kadipaten Wetan, Jl. KP No. 194, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Toko Wedang Uwuh Farellin buka setiap hari pada pukul 07.00-21.00 WIB. Toko ini melayani penjualan dengan aplikasi online dengan layanan GoFood lho. Meskipun baru menjual wedang uwuh sekitar setahun terakhir, Toko Wedang Uwuh Farellin sudah ramai pembeli. Toko ini mendapat ulasan 4,5 di aplikasi GoFood. Sementara ulasan di Google mencapai nilai maksimal 5. 

Meskipun kasus positif COVID-19 mulai mereda, wedang uwuh masih tetap menjadi favorit untuk menemani saya setiap pagi dan malam. Setiap hari saya nggak pernah absen minum wedang rempah ini.

Minuman Sehat yang Menghangatkan

Kali ini saya pun memesan rekomendasi minuman sehat Yogyakarta yang terkenal enak, wedang uwuh extra dengan jahe emprit segar. Dengan harga Rp25.000, saya mendapat 10 pcs kemasan plastik sachet wedang uwuh.

Wedang Uwuh – Foto oleh Tyo

Dinginnya udara pagi di Jogja, membuat wedang uwuh ini sangat pas untuk menghangatkan badan. Pada sachet kemasan wedang uwuh tersebut, terdapat rempah daun pala, daun kayu manis, daun cengkeh, kayu secang, batang cengkeh, bunga cengkeh, kapulaga, jahe emprit segar, dan gula batu.

Rempah-rempah tadi saya cuci bersih lebih dulu menggunakan air matang. Lalu saya taruh semuanya di gelas. Kemudian saya bergegas memasak air hingga mendidih.

Air yang sudah mendidih tadi, selanjutnya saya tuangkan ke dalam gelas yang berisi rempah. Jangan kaget kalau kamu langsung melihat isi gelas seketika berwarna merah. Warna merah tersebut berasal dari kayu secang. Meskipun terlihat pekat, warna merah dari kayu secang tersebut benar-benar alami lho.

Begitu menyeruput wedang uwuh, perpaduan rempah yang ada di dalamnya yang dipadu dengan manisnya gula batu benar-benar terasa nikmat. Badan langsung terasa hangat. Nggah heran kalau wedang uwuh Ferellin ini menjadi rekomendasi minuman sehat Yogyakarta.

Manfaat Minum Wedang Uwuh Farellin

Minuman sehat seperti yang diproduksi Toko Wedang Uwuh Farellin ini memiliki banyak manfaat. Pertama, wedang uwuh bisa mengurangi mual. Jahe sebagai salah satu bahan utama dalam wedang uwuh sudah sejak lama terbukti dapat mengurangi rasa mual dan muntah.

Kedua, meredakan rematik. Selain memberikan warna merah pada wedang uwuh, kayu secang dinilai bisa menjadi obat rematik tradisional dan asam urat. 

Wedang Uwuh – Foto oleh Tyo

Manfaat ketiga, wedang uwuh dapat meredakan nyeri. Adanya daun pala di dalam kemasan wedang uwuh dinilai bisa meredakan nyeri kronis. Selain daun pala, cengkeh dan jahe juga merupakan bahan wedang uwuh yang bersifat antiperadangan dan dapat mengurangi nyeri di tubuh.  

Selanjutnya, wedang uwuh bisa menurunkan gula darah. Jika dikonsumsi tanpa gula, kandungan jahe yang terdapat pada wedang uwuh bisa membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus sebagai penanda kadar gula darah jangka Panjang. Selain jahe, bahan lain seperti kayu manis, daun pala, dan cengkeh juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

Manfaat berikutnya dari wedang uwuh adalah kemampuannya dalam menyehatkan saluran pencernaan. Adanya cengkep dianggap mampu meredakan peradangan pada saluran pencernaan, sementara jahe dianggap efektif meredakan dyspepsia. 

Yang keenam, wedang uwuh menurunkan risiko terkena kanker. Kayu secang di dalam wedang uwuh dianggap memiliki potensi sebagai pencegah kanker karena memiliki kandungan brazilin, felonik, dan flavonoid. Sementara kandungan gingerol pada jahe dinilai bisa menurunkan risiko kanker seseorang. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

Manfaat lain dari wedang uwuh adalah mencegah kepikunan. Jahe merupakan dinilai memiliki sifat antioksidan sehingga bisa menghambat respon peradangan di otak. Sementara ekstrak pada kayu manis mengandung bahan Bernama CEppt yang dapat menghambat gejala Alzheimer.

Selain manfaat di atas, minuman sehat ini juga berkhasiat menyembuhkan batuk, capek, masuk angin, pegal, dan kembung. Wedang uwuh sangat pas diminum dalam kondisi panas. 

Sudah Bisa Dipesan Online

Toko Wedang Uwuh Farellin melayani pembelian dengan aplikasi online GoFood. Mumpung lagi banyak promo lho, ayo buruan beli wedang uwuhnya. 

Jika membeli produk di Toko Wedang Uwuh Farellin dengan minimal order Rp100.000, kamu bisa mendapatkan diskon Rp30.000 dan diskon ongkos kirim sebesar Rp6.000.

Tapi jika kamu beli produk senilai minimal Rp50.000, diskon yang kamu dapetin adalah sebesar Rp 15.000 dan diskon ongkos kirim Rp6.000. Terus, jika kamu beli kurang dari Rp50.000, kamu tetap dapat diskon ongkos kirim sebesar Rp6.000.

Tapi ingat, kamu harus lihat batas waktunya juga. Makanya buruan beli wedang uwuh, biar nggak ketinggalan diskon di Toko Wedang Uwuh Farellin.

(PENA/TYO)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.