Nasi Daun Jeruk dan Ayam Bakar Sambel Alu Lampung, Rekomendasi Makan Siang Enak

21 September 2021 16:12 WIB

Nasi Daun Jeruk dan Ayam Bakar Sambel Alu Lampung – Foto oleh Eva

Saat ini Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung sudah lepas dari zona merah penyebaran Covid-19. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun yang semula berada di level 4, sudah turun menjadi level 3. Beberapa kegiatan masyarakat mulai dilonggarkan, termasuk aturan makan di restoran/ rumah makan.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri terkait penerapan PPKM level 3, restoran/rumah makan, kafe dengan area pelayanan di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 50%, satu meja maksimal 2 orang, dan waktu makan maksimal 30 menit.

Nah, buat kamu yang lagi pengen cari makan siang di luar, sambil menikmati kelonggaran PPKM, saya mau kasih rekomendasi makan siang Lampung yang enak. Gak cuma enak, tempatnya juga bersih dan nyaman untuk istirahat sambil menikmati santap siang. Tapi tetep gak boleh lama-lama ya, karena  waktu makan maksimal cuma 30 menit. Cukup lah.

Namanya Sambel Alu, rekomendasi makan siang Lampung ini lumayan populer dan jadi favorit banyak orang di Bandarlampung, termasuk saya. Yang unik di sini, sambal sebagai pendamping lauk utama gak disajikan pakai piring kecil, tapi pakai cobek alu yang terbuat dari batu. Pecinta pedas dijamin senang, karena bisa nambah sambal sesuka hati.

Rekomendasi Makan Siang Lampung di Sambel Alu

Sambal khas Sambel Alu merupakan sambal goreng yang diolah menggunakan cabai rawit merah atau rawit setan, bawang merah, bawang putih, dan juga serai. Rasanya seperti perpaduan antara sambal bawang khas Jawa Timur dan sambal matah khas Bali. Pedasnya lumayan nendang, tapi gak bikin lidah kebakar.

Nasi Daun Jeruk dan Ayam Bakar Sambel Alu Lampung – Foto oleh Eva

Sambel Alu menyediakan tiga jenis nasi, selain nasi putih biasa, ada nasi liwet dan nasi daun jeruk. Nasi liwet dan daun jeruknya terasa gurih dengan aroma rempah yang kuat, apalagi ditambah taburan teri nasi dan bawang merah goreng. Nggak heran kalau tempat ini jadi rekomendasi makan siang Lampung yang paling enak.

Menu yang akan saya rekomendasikan kali ini adalah Paket Komplit Ayam Bakar yang terdiri dari nasi, ayam bakar, tumis cumi pelangi, tahu tempe goreng, plus sayur lalapan. Untuk nasinya saya pilih nasi daun jeruk karena aroma rempah dan rasanya yang segar. Harga paket komplit ini Rp35.000.

Nasi Daun Jeruk dan Ayam Bakar Sambel Alu Lampung – Foto oleh Eva

Ayam bakar Sambel Alu termasuk favorit saya, selain gurih ada rasa manis dari bumbu kecap yang meresap hingga ke tulang ayam. Ayam bakar ini memang cocok disantap dengan tahu dan tempe goreng kemudian dicocol dengan sambal khas Sambel Alu. Perpaduan manis, gurih, dan pedasnya sempurna.

Tumis cumi di sini juga gak kalah enak. Potongan cuminya lumayan besar dan ditumis tanpa tinta. Rasanya gurih pedas, teksturnya pun sangat lembut. Perpaduan warna cumi, cabai merah dan cabai ijo-nya membuat tampilan tumis cumi ini berwarna-warni, mungkin itu sebabnya disebut tumis cumi pelangi.

Selain Paket Komplit, ada pula Paket Minimalis yang terdiri dari pilihan nasi dan ayam bakar atau goreng. Lalu Paket Cumi Ayam yang berisi pilihan nasi, tumis cumi pelangi, dan ayam bakar atau goreng. Serta menu paket dengan tambahan es teh. Menu paket Sambel Alu ini dijual dengan harga mulai Rp25.000 sampai Rp45.000.

Rekomenasi Minuman Segar di Sambal Alu

Untuk minuman, Sambel Alu punya minuman segar andalah yakni es kuwud yang merupakan es sirup melon berisi serutan buah melon, selasih, dan jeruk nipis. Rasanya yang manis dan segar cocok jadi penutup setelah makan ayam bakar dan tumis cumi.

Selain es kuwud, ada banyak pilihan minuman menyegarkan yang bisa kamu pesan di Sambel Alu. Seperti jus strawberry Yakult, jus mangga Yakult, es jeruk nipis, atau lecy tea. Beragam minuman di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp6.000 sampai Rp20.000.

Nasi Daun Jeruk dan Ayam Bakar Sambel Alu Lampung – Foto oleh Eva

Kalau kamu tertarik cicipin beragam menu di Sambel Alu, langsung aja datang ke rumah makannya yang berada di Jalan Sultan Agung No.20 Way Halim. Selain itu ada cabang lainnya di Jalan Pramuka No.17 Rajabasa, Jalan Pulau Sebuku No.09 Antasari. Sambel Alu buka mulai pukul 10.00 sampai 20.30 waktu setempat.

Kamu gak punya banyak waktu untuk makan siang di luar atau lebih nyaman makan di rumah? Jangan sedih! Kamu juga bisa pesan menu-menu yang saya rekomendasikan ini lewat aplikasi layanan pesan antar makanan GoFood atau GrabFood. Tinggal pilih cabang Sambel Alu terdekat biar gak perlu nunggu lama.

Ada Kemasan Siap Masak Juga

Sambel Alu juga menyediakan menu-menu andalan mereka dalam bentuk kemasan beku siap masak, loh. Ada nasi liwet frozen dengan harga Rp26.000 dan nasi daun jeruk frozen seharga Rp27.000. Untuk menikmatinya di rumah, nasi frozen tinggal dikukus aja.

Selain itu ada ayam kemasan frozen yang berisi 4 potong ayam siap masak. Ayam bakar dijual dengan harga Rp67.500, sedangkan ayam goreng ungkep Rp61.500. Ada juga tempe mendoan frozen seharga Rp17.200. Untuk ayam bakar tinggal dipanaskan di atas teflon, sementara ayam goreng dan tempe mendoan tinggal digoreng sebentar di minyak panas.

Gak lengkap dong kalau makan di rumah gak pakai sambalnya juga. Sambal khas Sambel Alu juga tersedia dalam kemasan. Sambal original dijual Rp27.060, sambal ikan asin Rp30.750, sambal terasi cumi Rp33.210, sambal teri Rp30.750, dan sambal kecombrang 30.750. Semuanya bisa di pesan di aplikasi GoFood atau GrabFood.

Selain Sambel Alu, tentu masih banyak lagi tempat makan siang enak di Bandarlampung yang bisa kamu coba. Simak terus ulasan kuliner di PesenMakan.id untuk mendapatkan rekomendasi kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Jangan lupa foto dan tag Instagram PesenMakan_id kalau kamu lagi cicipin salah satu kuliner yang kami rekomendasikan.

(PENA/EVA)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.