Nasi Goreng Merah Khas Batu Raja yang Merona

25 November 2019 21:28 WIB

Foto Tampilan Nasi Goreng Merah Khas Batu Raja, Sumatera Selatan undefined

Hampir semua orang sangat menyukai nasi goreng dengan alasan sederhana: mudah dimasak dan rasanya juga enak. Seperti halnya Nasi Goreng Merah khas Batu Raja yang begitu merona ini.

Dari tampilannya saja, Nasi Goreng Merah Batu Raja berbeda dengan nasi goreng di pasaran. Warnanya sesuai dengan nama: merah. Sementara Batu Raja merupakan nama daerah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ini konon juga terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak makanan yang enak-enak.

Mengupas Tuntas Kelezatan Nasi Goreng Merah Batu Raja

Setelah mencicipi Nasi Goreng Merah Batu Raja, Oktafirda Yeni, pengunjung Nadi Goreng Merah Batu Raja menyimpulkan bahwa makanan ini memiliki cita rasa unik. Selain warna merahnya yang memang berbeda, rasanya juga begitu khas masakan Kota Batu Raja, Sumatera Selatan.

Dokumentasi GoFood Festival

Jika boleh sedikit membahas sejarah nasi goreng, makanan ini sebenarnya berasal dari Tionghoa. Kemudian dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa ketika berdagang merantau ke Asia Tenggara.

Di tangan masyarakat Batu Raja, nasi goreng ini kemudian dimodifikasi. Nasi Goreng Merah Batu Raja menggunakan saus tomat sebagai bumbu dasar pembuatan. Tak heran, jika warna nasi goreng ini merah; dan bukan cokelat.

Nasi Goreng Merah Batu Raja juga tidak menggunakan kecap sama sekali. Cita rasa khas nasi goreng ini disempurnakan dengan penggunaan cengkeh dalam bumbu masakannya. Tentu selain menggunakan bawang merah, bawang putih dan kecap dan telur berdasarkan selera mau dikocok ketika minyak matang atau dibubuhkan setelah nasi matang.

Dokumentasi GoFood Festival

“Nasi Goreng ini terasa gurih sekali dan menurut saya rasa ini didapat dari minyak samin. Tetapi, Nasi Goreng Merah Batu Raja ini rasanya hampir sama dengan Nasi minyak yang sering disajikan di acara resepsi pernikahan. Tetapi Nasi Goreng ini tidak seperti nasi minyak kondangan yang cenderung berminyak,” kata Yeni kepada pesenmakan.id

Disampaikan Yeni, Nasi Goreng ini lebih enak lagi dengan tambahan Ayam Suwir dan telur dadar yang diiris tipis. Apalagi tambahan sambal cengek yang benar-benar pas sebagai perpaduan antara Nasi Goreng Merah Merona Batu Raja ini.

Harga satu porsi Nasi Goreng Merah Batu Raja juga tidak mahal. Cenderung bisa dijangkau oleh semua kalangan. Satu porsi Nasi Goreng Merah Batu Raja original hanya berkisar Rp20 ribu saja. Murah banget untuk satu porsi makanan enak begini, bukan?

Rahasia Kenikmatan Nasi Goreng Batu Raja yang Bikin Nagih

Yeni mengaku suka sekali dengan Nasi Goreng Merah Batu raja ini karena memang biasanya ia hanya disuguhkan dengan nasi goreng yang berwarna cokelat yang cara pemasakannya menggunakan bahan dasar kecap.

“Rasanya tentu sangat berbeda sekali dengan Nasi Goreng Merah Batu Raja ini,” sebutnya.

Redaksi

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.