Kembali Hits, Minuman Asal Taiwan Ini Disukai Kaum Millennial

24 September 2021 11:11 WIB

The Boba Time – Foto oleh Tyo

Minuman boba kembali viral di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan boba menjadi minuman kekinian Yogyakarta yang diminati banyak orang, khususnya kaum milenial, lho.

Dengan berbagai macam varian rasa, sensasi minuman dingin ini akan terasa semakin nikmat sambil mengunyah kenyalnya boba. Benar-benar bikin ketagihan deh. Meskipun baru kembali viral, minuman boba sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak awal tahun 2000-an.

Berbagai merk pun bermunculan untuk menjajakan minuman boba ini. Salah satunya adalah The Boba Time yang kini tersebar di 6 provinsi di Indonesia. 

Di Yogyakarta, The Boba Time memiliki 35 cabang. Nah, saya akan menjajal sensasi racikan khas Taiwan ini dengan memesannya di gerai The Boba Time, Jl. Bantul Km 10, Badegan, Melikan Lor, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

The Boba Time – Foto oleh Tyo

Lokasinya yang strategis, tepat di pinggir Jalan Bantul atau tak jauh dari Tugu Selamat Datang Bantul, membuat cabang ini ramai dikunjungi muda-mudi Bantul. Padahal gerai ini baru buka pertengahan 2020.

Meski perekonomian tengah merosot akibat dihantam badai pandemi COVID-19, minuman kekinian Yogyakarta The Boba gerai Jalan Bantul ini tetap ramai pembeli, baik yang datang langsung atau memesannya melalui aplikasi online, seperti GoFood dan GrabFood. Setiap hari, gerai The Boba Time di Jalan Bantul buka pada pukul 09.00-21.00 WIB. 

Menu Andalan di The Boba Time Jalan Bantul

Karena penasaran dengan varian rasa yang jadi favorit di gerai ini, kali ini saya akan mencoba untuk memesan tiga varian rasa sekaligus. Pilihan saya jatuh pada Brown Sugar Boba Milk, Avocado Choco Milo, dan Red Velvet Boba Milk.

Brown Sugar Boba Milk dibuat dari kombinasi gula merah brulee, keju, susu segar, boba kenyal, dan tentu saja es batu. Rasa Brown Sugar Boba Milk ini mirip dengan dawet, minuman khas Indonesia. Manisnya pas dan tidak over. Perpaduan gula merah, keju, dan susu segarnya juga enak dan nggak bikin eneg. Adanya boba kenyal menambah keunikan pada minuman ini.

Brown Sugar Boba Milk ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Dinginnya es batu semakin menambah kenikmatan minuman ini. Benar-benar menyegarkan lho. 

minuman-kekinian
The Boba Time – Foto oleh Tyo

Kamu nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati minuman kekinian Yogyakarta Brown Sugar Boba Milk ini. Harga segelas ukuran besar Brown Sugar Boba Milk dibanderol dengan harga Rp15.000. Harga ini sesuai dengan apa yang kita dapetin lho.

Minuman yang nggak kalah laris dari Brown Sugar Boba Milk di gerai The Boba Time Jalan Bantul adalah Alvocado Choco Milo. Alvocado Choco Milo dibuat dari perpaduan krim milo, alpukat, susu segar, dan boba kenyal. 

Sebelum diaduk, warna minuman ini tampak berwarna hijau pucat di bagian bawah dan coklat di bagian atasnya. Bobanya terlihat bergerombol di bagian paling bawah. 

Lalu bagaimana rasanya setelah minuman ini diaduk? Rasa alpukatnya masih terasa namun cenderung menyatu dengan rasa krim milo. Hadirnya boba kenyal semakin menambah keunikan rasa dari Alvocado Choco Milo ini. Sama halnya dengan Brown Sugar Boba Milk, kamu juga bisa mencicipi minuman ini dengan harga Rp15.000.

The Boba Time – Foto oleh Tyo

Satu lagi menu yang banyak diburu anak-anak masa kini di The Boba Time Jalan Bantul adalah Red Velvet Boba Milk yang harganya lebih murah dibandingkan Brown Sugar Boba Milk dan Alvocado Choco Milo. Segelas besar Red Velvet Boba Milk hanya Rp13.000.

Rasa red velvet yang dipadankan dengan krim, susu segar, boba kenyal, dan dinginnya es akan terasa begitu menggoda saat kamu menyeruput minuman ini. Red Velvet Boba Milk ini tidak terlalu manis, tapi rasa red velvetnya cukup terasa.

Selain tiga menu tadi, masih ada menu-menu lain yang tak kalah nikmat yang bisa kamu pesan di gerai The Boba Time Jalan Bantul. Menu-menu tersebut adalah Soy Milk Mango Boba, Soy Mung Bean Boba, Red Velvet Boba Frappe, Strawberry Boba Frappe, Blue Lagoon Sparkling, Yellow Pineapple Sparkling, Green Kiwi Sparkling, Taro Boba Frappe, Alvocado Boba Frappe, Es Kopi Gula Arep, dan masih banyak lagi.

The Boba Time Melayani Pembelian dengan Aplikasi Online

Seperti gerai-gerai lainnya, The Boba Time di Jalan Bantul juga bisa melayani pembeli dengan aplikasi online GoFood dan GrabFood. Hanya lewat HP saja, kamu bisa memesan varian rasa boba yang kamu inginkan. 

Layanan lewat aplikasi online ini juga mendapat respon positif dari pelanggan lho. Buktinya The Boba Time Jalan Bantul ini mendapat penilaian 4,8 dari 552 pelanggan yang pernah order via GrabFood. Sementara rating 4,5 diberikan oleh lebih dari 500 pelanggan GoFood. 

Sejarah Singkat Minuman Boba

Boba merupakan minuman dingin dengan topping bulat kenyal dari tapioka. Minuman ini pertama kali dikenalkan di Taiwan. 

Konon, boba sebenarnya adalah makanan penutup tradisional yang disebut fen yuan, atau pudding dari tapioca dengan rasa manis. Biasanya makanan ini disajikan dengan es air gula. 

Nah, orang Taiwan kemudian menuangkan bola tapioca atau boba iin ke dalam es the sebagai tambahan untuk menikmati the. Ternyata banyak orang yagn suka, hingga akhirnya dibuat the boba menjadi produk yang dijual di took milik Liu Han-Chieh. 

Minuman tersebut kemudian dikenal dengan nama bubble tea atau pearl milk tea dan di Indonesia disebut sebagai teh boba. Di Indonesia sendiri, boba hadir dengan berbagai macam variasi rasa, tidak hanya teh, tetapi juga modifikasi minuman lainnya.

(PENA/TYO)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.