Hadir Belum Lama, Bakpia Kukus Tugu Jogja Langsung Jadi Favorit Oleh-oleh Khas Jogja

28 September 2021 10:10 WIB

Bakpia Kukus Tugu Jogja – Foto oleh Tyo

Berkunjung ke Yogyakarta, rasanya tidak lengkap jika pulang tidak membawa oleh-oleh bakpia. Ya, kuliner ini memang identik dan melekat banget sebagai makanan khas Yogyakarta atau oleh-oleh khas Yogyakarta

Menilik sejarahnya, bakpia sebenarnya berasal dari China dengan nama Touk Luk Pia, yang kue pia kacang hijau. Bakpia sendiri berbentuk kue dengan kacang hijau di dalamnya. Dalam perkembangannya, bakpia mengalami banyak modifikasi dengan isian tidak hanya kacang hijau, tetapi juga menggunakan bahan lain seperti keju, coklat, dan lain sebagainya.

Jika sebelumnya bakpia paling terkenal di Yogyakarta adalah bakpia pathuk, sejak 2017 lalu muncul modifikasi lain berupa bakpia kukus dengan branding Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia ini beda banget dengan bakpia pathuk. 

Bakpia Pathuk berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Sementara Bakpia Kukus Tugu Jogja menjadi bakpia kukus pertama di Yogyakarta yang memadukan konsep tradisional dan modern. 

Isiannya pun cukup variatif, ada original kacang hijau, coklat, keju, dan masih banyak varian rasa lainnya. Bentuknya juga tidak pipih, tetapi cenderung lebih lebih bulat, identik dengan blangkon yang juga bulat. Secara filosofi, bakpia ini memiliki keterkaitan dengan ikon Yogyakarta yang sudah lebih dulu ada.

Bakpia Kukus Tugu Jogja – Foto oleh Tyo

Saat ini Bakpia Kukus Tugu Jogja sudah memiliki banyak cabang. Salah satunya adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja cabang Prawirotaman, di Jalan Parangtritis KM 0 No. 54, Mantrijeron, Yogyakarta. Lokasinya berada di sebelah selatan Pojok Beteng Wetan, atau berjarak sekitar 200 meter dan 200 meter di sebelah utara Pasar Prawirotaman. Gerai ini buka setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB.

Begitu masuk ke Gerai Bakpia Kukus Tugu Jogja di Mantrijeron ini, kamu akan disambut dengan suasana gerai yang bersih dan pelayan yang cukup ramah. Tulisan dan logo Bakpia Kukus Tugu Jogja terpampang jelas di belakang meja kasir. Di pojok gerai yang hadir pada 2019 itu, terdapat miniatur Tugu Jogja. Kamu juga bisa foto-foto dengan latar belakang miniatur itu lho.

Varian Favorit di Bakpia Kukus Tugu Jogja Prawirotaman

Gerai Bakpia Kukus Tugu Jogja Prawirotaman menjual bakpia kukus dengan berbagai macam varian rasa. Ada bakpia original coklat, original kacang hijau, original keju, original kacang merah, original kurma, original stroberi, brownies coklat, brownies keju, brownies kacang hijau, dan menu lain seperti bolu kukus dan pie dengan beraneka macam rasa.

Untuk oleh-oleh kali ini, saya memilih untuk membeli Bakpia Kukus Tugu Jogja Premium Brownies Keju. Dengan harga Rp35.000, saya mendapatkan 10 biji bakpia brownies keju di dalamnya. 

Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja ini sangat elegan. Bentuknya kotak memanjang. Bagian luarnya terdapat logo Bakpia Kukus Tugu Jogja, dan brownies keju yang meleleh dan potongan keju. Sementara di sisi lain terdapat gambar brownies keju seperti wajah berwarna coklat tua yang menggunakan blangkon. Sekilas melihat kemasan ini, orang bisa terhipnotis untuk membelinya lho. 

Makanan-khas-Yogyakarta
Bakpia Kukus Tugu Jogja – Foto oleh Tyo

Begitu kemasan dibuka, kamu akan mendapati bakpia kukus dibungkus plastik satu persatu dan ditempatkan dalam kotak plastik. Uniknya, bungkus plastik ini juga diberi gambar blangkon di bagian luarnya, sehingga sekilas bakpia kukus ini mirip kepala yang menggunakan blangkon. Masing-masing produk ini sengaja dibuat terpisah, sehingga bakpia atau brownies keju di dalamnya tetap higienis dan kualitasnya terjaga.

Begitu varian brownies keju ini saya belah menjadi dua, lelehan krim keju langsung muncul dibaliknya. Saat menggigitnya, saya merasakan tekstur browniesnya begitu lembut. Sementara pasta kejunya sangat pekat dan terasa banget keju kualitas premiumnya. Isian keju yang meleleh di mulut ini benar-benar menjadi element of surprise

Makanan-khas-Yogyakarta
Bakpia Kukus Tugu Jogja – Foto oleh Tyo

Jadi ya memang pantas kalau bakpia kukus ini langsung merangsek menjadi makanan khas Yogyakarta. Lebih tepatnya, bakpia kukus ini langsung diburu sebagai oleh-oleh.

Di gerai resminya, seperti di gerai Jalan Parangtritis Km 0 ini, Bakpia Kukus Tugu Jogja Premium Brownies Keju dibanderol dengan harga Rp36.000. Harga tersebut juga berlaku untuk varian lain seperti bakpia original coklat, original kacang hijau, original keju, original kacang merah, original kurma, original stroberi, brownies coklat, dan brownies kacang hijau.

Melayani Pembelian Offline dan Online

Meski sebagian orang menyebut Bakpia Kukus Tugu Jogja ini mirip dengan bakpao, kenyataannya kelezatan bakpia kukus ini dalam waktu empat tahun terakhir menjadi favorit cemilan dan oleh-oleh khas dari Yogyakarta.

Bakpia Kukus Tugu Jogja cabang Prawirotaman melayani pembelian offline dan online. Untuk pembelian offline, kamu bisa langsung datang ke gerainya. Kalau bingung, tinggal cari aja di map di Google, dengan nama Bakpia Kukus Tugu Prawirotaman. Di sana bisa bebas memilih varian yang diinginkan dan tentu juga bisa foto-foto dengan latar belakang miniatur Tugu Jogja. 

Bakpia Kukus Tugu Jogja – Foto oleh Tyo

Tapi kamu juga bisa memesan makanan khas Yogyakarta bakpia kukus di sini dengan aplikasi online juga, mau GoFood atau GrabFood bebas aja. Pemesanan online ini pas banget saat kamu berkunjung ke Jogja dan menginap di seputar Prawirotaman. 

Jadi kamu tinggal tunggu di hotel, lalu klik aplikasi online yang kamu inginkan, dan pilih varian bakpia kukus yang mau kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Dalam waktu yang nggak terlalu lama, driver aplikasi online akan segera mengantar pesanan ke hotel tempatmu menginap. Simpel banget kan.

(PENA/TYO)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.