Roti Gembong Gedhe, Jajanan Khas Kutai Kartanegara yang Lagi Hits di Yogyakarta

15 September 2021 09:46 WIB

Roti Gembong Gedhe – Foto oleh Tyo

Bicara makanan kekinian Yogyakarta, Roti Gembong Gedhe bisa dibilang jadi rajanya. Mau tau kenapa? Dalam waktu kurang dari dua tahun, tepatnya di masa pandemi COVID-19, laju Roti Gembong Gedhe justru tak tertahankan.

Bahkan, pionir roti gembong di Yogyakarta ini sekarang sudah memiliki lebih dari 80 cabang yang tersebar di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Kalian bisa menemukan Roti Gembong Gedhe ini di Solo, Semarang, Magelang, Boyolali, Ambarawa, Salatiga, Ungaran, Pekalongan, Kendal, dan Bandung.

Cabang-cabang Roti Gembong Gedhe ini tak selalu di area perkotaan. Beberapa cabang justru berada di wilayah kecamatan yang jauh dari kota. Salah satunya adalah Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri, yang baru buka pada Mei 2021 lalu.

Roti Gembong Gedhe – Foto oleh Tyo

Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri ini terletak di Dusun Bandungan, Kalurahan Karang Talun, Kapanewon Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisinya persis di pinggir Jalan Raya Makam Suci Imogiri dan berada di area pertokoan karena di sekitarnya memang banyak terdapat pertokoan.

Meski lokasinya berada di wilayah pedesaan, menu di Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri sangat lengkap, seperti halnya cabang-cabang lain yang berada di kota. Setiap hari, cabang ini buka pada pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 20.00 WIB. 

Lokasi yang jauh dari perkotaan tak membuat Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri sepi. Dalam sehari, cabang ini bisa menjual sekitar 500 potong roti gembong. Wow, banyak juga ya untuk ukuran outlet yang berada 17 km di sisi selatan pusat kota Yogyakarta ini.

Roti Gembong, Jajanan Khas Kutai Kartanegara

Roti gembong sebenarnya merupakan jajanan khas Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tapi dalam waktu kurang dari dua tahun, roti panjang serupa roti sobek ini menjadi makanan kekinian yang hits di Yogyakarta.

Konon, roti gembong berasal dari kudapan keluarga kerajaan Kutai Kartanegara. Tak heran jika jajanan ini dari dulu begitu popular di Kota Kutai Kartanegara.

Roti Gembong Gedhe – Foto oleh Tyo

Sekilas, makanan kekinian Yogyakarta ini tampak seperti roti sobek biasa. Dalam satu kotak roti gembong, terdapat 6 potongan. Lalu, mengapa disebut roti gembong? Ternyata nama gembong ini mengacu pada tekstur roti yang tampak mengembang di bagian atasnya.

Itulah sekilas mengenai roti gembong. Dengan berbagai modifikasi, harga yang acceptable, dan packaging keren, Roti Gembong Gedhe berhasil menjadikan roti gembong ini sebagai kuliner yang hits dan diburu banyak orang di Yogyakarta dan kota-kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Barat. 

Menu Terlaris di Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri

Tau nggak sih, hadirnya Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri membuat menu-menu di cabang tersebut menjadi makanan kekinian yang sangat hits serta dicari masyarakat Imogiri dan sekitarnya. Soalnya, dengan harga yang sangat murah, pembeli bisa mendapatkan kuliner enak plus bonus kemasan yang menarik.

Menu paling laris di cabang ini adalah Roti Gembong Spesial Nucomaltine. Saya pun tertarik untuk membeli Roti Gembong Spesial Nucomaltine ditambah dengan Roti Gembong Spesial Oreo.  

Penasaran seperti apa sih bentuk dan rasa Roti Gembong Spesial Nucomaltine ini? Seperti roti gembong pada umumnya, dalam satu kotak Roti Gembong Special Nucomaltine ini terdapat 6 potongan, dengan tekstur yang sangat lembut seperti kapas. Rasa roti gembongnya sendiri gurih manis. Tanpa isian pun, rotinya sudah sangat enak.

Begitu rotinya dibelah, akan terlihat jelas toping ovomaltine yang crunchy, tebal, dan lumer. Makanya, saat roti gembong ini digigit, selai nucomaltine yang ada di dalamnya sampai meluber ke samping. Meski nucomaltine-nya begitu pekat, tapi rasanya nggak bikin enek lho. Rasa benar-benar enak.

Roti Gembong Gedhe – Foto oleh Tyo

Dengan rasanya yang enak dan menggoda lidah, kalian bisa menikmati Roti Gembong Spesial Nucomaltine ini dengan banderol hanya Rp17.000. Dijamin deh bakal ketagihan dan akan balik buat beli lagi.

Satu lagi menu yang saya suka dan juga jadi favorit pelanggan adalah Roti Gembong Spesial Oreo. Sesuai dengan namanya, selai roti gembong untuk jenis ini menggunakan remahan biscuit oreo yang otentik. Rasa Roti Gembong Spesial Oreo ini tidak terlalu manis, pas banget di lidah. Jadi gak bikin enek juga. Harganya lebih murah disbanding Roti Gembong Spesial Nucomaltine, yakni hanya Rp15.000.

Menu lain di Roti Gembong Gedhe juga tak kalah enak lho. Semua rasanya pas dilidah dan nggak bikin enek. Ada banyak variasi toping di Roti Gembong Gedhe ini, diantaranya Roti Gembong Coklat,  Roti Gembong Real Fruit Durian, Roti Gembong Spesial Abon Mayo Pedas, Roti Gembong Spesial Abon Mayo Original, Roti Gembong Spesial Banana Milk, Roti Gembong Spesial Butter Cream, Roti Gembong Spesial Susu Keju, Roti Gembong Spesial Red Velvet, Roti Gembong Spesial Coklat Kacang, Roti Gembong Blueberry, Roti Gembong Durian, Roti Gembong Green Tea, Roti Gembong Strawberry, Roti Gembong Susu, Roti Gembong Tiramisu. Menu-menu roti gembong ini bisa kalian beli dengan harga mulai Rp19.000-Rp25.000.

Pesan Online Lebih Mudah

O iya, jadi Roti Gembong Gedhe Imogiri ini sudah bisa melayani pembelian dengan menggunakan aplikasi online ya. Kalian bisa memesan makanan kekinian Yogyakarta ini di cabang dengan aplikasi GoFood di HP kalian. 

Roti Gembong Gedhe – Foto oleh Tyo

Kalian juga bisa mendapatkan banyak promo menarik dari Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri ini. Jika kalian memesan roti gembong dengan GoFood, diskon 30% menanti ada dengan minimal order Rp25.000. Tapi wajib diingat batas waktunya ya. Selain itu, kalian juga bisa dapetin diskon ongkos kirim dari GoFood hingga Rp7.000. Lumayan banget kan.

Makanya, segera cobain deh beli roti gembong di Roti Gembong Gedhe Cabang Imogiri dengan GoFood. Nggak perlu keluar rumah dapat dapat banyak diskon promo, kalian sudah bisa mencicipi kelezatan roti khas Kutai Kartanegara ini.

(PENA/TYO)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.