Dimasak Pakai Anglo, Bakmi Jawa Yu Jilah Bikin Nagih

10 September 2021 12:00 WIB

Bakmi Jawa Yu Jilah – Foto oleh Tyo

Banyak orang menyebut Yogyakarta sebagai surganya kuliner. Meski dikenal sebagai Kota Gudeg, kuliner di Yogyakarta tak melulu seputar gudeg. Masih banyak macam kuliner makanan khas Yogyakarta dengan cita rasa tinggi yang ada di kota ini.

Contoh kuliner lain yang banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Kota Gudeg ini adalah bakmi Jawa. Ya, bakmi Jawa memang identik dengan kuliner khas Yogyakarta. 

Kali ini saya akan mencicipi bakmi Jawa Yu Jilah yang terletak di Jalan Parangtritis km 11, tepatnya di Dusun Dukuh, Sabdodadi, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisi warung bakmi Jawa Yu Jilah berada di sebuah gang, di tengah kampung Dukuh. Jadi bukan di pinggir jalan seperti warung-warung bakmi Jawa pada umumnya.

Bakmi Jawa Yu Jilah – Foto oleh Tyo

Meski hanya berjualan di teras rumahnya, warung bakmi Jawa Yu Jilah selalu ramai pembeli. Bahkan, pembelinya banyak yang berasal dari luar kota lho. Maklum saja, bakmi Jawa Yu Jilah ini dikenal enak. Setiap hari, warung Yu Jilah buka pada pukul 18.00 WIB dan tutup pukul 00.00 WIB. 

Yu Jilah Bersama suaminya Sarjiyono sudah berjualan bakmi Jawa selama lebih dari 30 tahun. Keduanya meneruskan jejak orang tua Yu Jilah yang juga berjualan bakmi Jawa sejak 1950-an. Jadi usaha jualan bakmi Jawa Yu Jilah ini memang sudah turun-temurun.

Menu Utama Bakmi Jawa Yu Jilah

Sesuai dengan namanya, Warung bakmi Jawa Yu Jilah menjual menu utama berupa bakmi. Ada dua variasi bakmi yang dijual, yakni bakmi godhog atau bakmi rebus dan bakmi goreng. 

Bakmi Jawa Yu Jilah – Foto oleh Tyo

Bahan utama bakmi godhog dan goreng ini sama, yaitu mie, irisan kol, sawi hijau, ayam yang dipotong kecil-kecil atau disuwir, daun bawang, tomat, minyak goreng, telur bebek atau telur ayam. Sementara bumbunya terdiri dari bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, cabai, dan garam. 

Tapi tau nggak sih? Rahasia kenikmatan makanan khas Yogyakarta ini sebenarnya ada pada kaldu ayamnya. Bagi Yu Jilah, kaldu ayam ini wajib banget dicampurkan saat proses memasak. 

Uniknya lagi, bakmi Jawa Yu Jilah ini dimasak dengan menggunakan tungku tanah liat (anglo) dan sumber apinya dari arang. Cara memasaknya pun juga tak kalah unik lho. Meski banyak pembeli, Yu Jilah memasak bakmi satu per per porsi atau maksimal per dua porsi untuk satu jenis masakan.

Kalau saya sih, paling suka bakmi godhog buatan Yu Jilah ini. Rasanya gurihnya benar-benar menggugah selera, apalagi jika dicampur dengan potongan cabai rawit. Kalian yang belum pernah mencoba bakmi godhog Yu Jilah dijamin bakal ketagihan deh. Untuk bakmi godhog, rasanya memang gurih dan nikmat. Bakminya cenderung kenyal dan dicampur dengan sedikit bihun. Adanya tambahan campuran telur dan potongan daging ayam semakin menambah kenikmatan bakmi godhog ini. Pokoknya, bakmi godhog Yu Jilah ini sangat pas dinikmati dalam kondisi masih panas. 

Nah, kalau bakmi gorengnya sedikit berbeda. Rasanya cenderung gurih dan sedikit manis karena biasanya diberi campuran kecap saat memasak. Bakmi goreng ini memang cocok dinikmati buat kalian penyuka masakan manis. Tapi, ini soal selera ya. Jadi, kalian bisa juga memesan bakmi goreng tanpa kecap. Isian bakmi goreng ini sama dengan bakmi godhog. 

Harga bakmi Jawa Yu Jilah ini sangat terjangkau, hanya Rp15.000 per porsi untuk bakmi biasa dan Rp20.000 untuk bakmi spesial. Yang membedakan kedua menu ini adalah, untuk bakmi spesial ada tambahan hati-ampela.

Oh ya, porsi bakmi Jawa Yu Jilah ini porsinya jumbo lho. Bikin perut langsung kenyang setelah menyantapnya. Jadi kalau mau memesan bakmi di warung Yu Jilah, pastikan perut kalian dalam kondisi benar-benar kosong ya.

Menu Lainnya yang Nggak Kalah Enak

Nasi Goreng

Bakmi Jawa Yu Jilah – Foto oleh Tyo

Kalian juga bisa mencicipi menu lain di warung bakmi Jawa Yu Jilah. Menu yang tak kalah laris di warung ini adalah nasi goreng. Nasi goreng bikinan Yu Jilah berwarna kecoklatan karena Yu Jilah memberi tambahan kecap saat memasaknya. Tekstur nasinya pas, tidak lembek dan juga tidak terlalu keras. Rasanya tentu saja juga sangat nikmat.

Nasi Goreng Magelangan

Nasi goreng Magelangan di warung Yu Jilah ini sebenarnya hampir sama dengan menu nasi goreng, baik bahan maupun bumbunya. Tapi bedanya, untuk nasi goreng Magelangan ini diberi campuran bakmi dan bihun. Jadi bahan utamanya adalah nasi, bakmi, dan sedikit bihun. Untuk rasa, sama nikmatnya, gurih dengan kaldu ayam yang terasa di lidah.

Sego Godhog

Bumbu sego godhog ini sama dengan bakmi godhog. Cuma, bahan utama sego godhog ini adalah nasi yang diberi sedikit campuran bakmi. Sego godhog akan sangat lezat saat dinikmati langsung di warung. Panasnya sego godhog ini akan terus terasa sampai suapan terakhir.

Selain menu-menu di atas, warung bakmi Jawa Yu Jilah juga menjual menu tambahan seperti bihun goreng dan bihun godhog. Jangan ditanya soal rasa, semuanya nikmat. Harganya pun juga sama dengan menu utama, yaitu Rp15.000 untuk yang biasa dan Rp20.000 untuk menu spesial.

Bakmi Jawa Yu Jilah Bisa Dipesan Melalui Aplikasi Online

Warung bakmi Jawa Yu Jilah sudah melayani penjualan secara online. Meski warungnya berada di tengah kampung, yang jauh dari jalan raya, warung bakmi Jawa Yu Jilah ini selalu ramai pesanan melalui GoFood maupun GrabFood. Setiap malam, paling sedikit ada 10 pesanan melalui aplikasi online ini. 

Jadi, kalau kalian pengen pesan makanan khas Yogyakarta bakmi Jawa Yu Jilah, tinggal order aja melalui aplikasi GoFood maupun GrabFood di HP kalian. Tunggu beberapa saat, pesanan bakmi Jawa kalian segera diantar oleh driver Gojek maupun Grab yang menerima orderan kalian. Ingat, berikan rating yang bagus buat mereka ya. Sesekali, kalian juga boleh kasih tips buat para driver, biar mereka makin semangat melayani orderan kalian.

(PENA/TYO)

Pesenmakan.id

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.