Warung Betawi H. Apen, Sotonya Bikin Ketagihan!

11 Agustus 2022 17:00 WIB

Soto Betawi di Warung Betawi H. Apen (TrenAsia/Idham Nur Indrajaya)

JAKARTA – Makanan dengan cita rasa khas Betawi kerap kali menjadi sesuatu yang dirindukan di DKI Jakarta, di mana berbagai budaya bercampur aduk dan kerap kali menggeser produk-produk tradisional ke luar radar. 

Akan tetapi, bukan berarti kita semua tidak bisa lagi memanjakan lidah dengan makanan tradisional Betawi yang tidak kalah enaknya dengan kuliner-kuliner tradisional dari wilayah lain. 

Di Warung Betawi H. Apen, temenmakan bisa menemukan berbagai menu yang menawarkan kekhasan Betawi dalam setiap suapannya. 

Soto Betawi jadi menu andalan dari kedai yang berlokasi di Jalan Saco no. 12, Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ini. 

Porsinya pun nggak main-main. Bahkan, mimin yakin kalau banyak temenmakan yang bisa mencicipi menu ini berdua karena porsinya itu memang banyak banget.

Kuantitas nggak selalu berbanding lurus dengan kualitas itu persepsi yang nggak berlaku di Warung Betawi H. Apen. Soalnya, nggak cuma porsinya yang banyak, rasanya juga nggak sembarangan. Mulai dari kaldu, bumbu, sampai daging sapi empuknya itu benar-benar bikin ketagihan. Waktu mimin lagi makan di sana saja, ada pasangan muda-mudi yang sampai minta tambah. Berarti rasanya nggak perlu diragukan lagi, dong?

Buat temenmakan yang ingin menjajal menu selain Soto Betawi, bisa memilih makanan-makanan lain yang tentunya nggak kalah enak. Di kedai ini, ada ayam penyet, iga penyet, pecak ayam, sop kambing, sop iga sapi, jengkol cabe, petai goreng, dan masih banyak lagi. 

Variasi makanan yang banyak, ditambah sama rasanya yang nggak biasa-biasa, membuat kedai ini jadi selalu ramai pengunjung. Selama mimin makan di sana, ada saja pengunjung yang keluar masuk untuk makan di tempat atau dibawa pulang. 

Warung Betawi H. Apen di Jalan Saco no. 12, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. TrenAsia/Idham Nur Indrajaya

Tempat parkirnya memang nggak terlalu luas karena kedainya juga nggak terlalu besar. Cuma ada empat meja panjang yang disediakan di sana. Tapi, temenmakan nggak perlu khawatir. Soalnya, temenmakan juga bisa memesan menu-menu enak dari Warung Betawi H. Apen lewat aplikasi online seperti Go-Food atau GrabFood.

Di kedai ini, temenmakan bisa menikmati berbagai menu dengan kisaran harga Rp20.000 sampai Rp50.000. Nggak terlalu menguras kocek kok untuk makanan-makanan seenak di tempat ini!

Idham Nur Indrajaya

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.