Oseng-Oseng Raja Mercon Klodran, Sensasi Kepedasan Nasi di Tepian Padi

12 Mei 2022 07:58 WIB

Oseng Oseng Raja Mercon (TrenAsia)

JAKARTA -Instragramable, Meriah, Family Friendly. Itulah kesan yang muncul ketika kita tiba di tempat makan ini. Lokasi yang mudah diakses, lapang dan mewah (mepet sawah) tidak sulit meninggalkan kesan bagi pengunjung. Tempat ini sangat cocok menjadi pelarian dari penatnya pusat kota atau sekedar menghindari kemacetan.

Di tengah arus balik lebaran yang lalu, tepatnya 5 Mei 2022, penulis tidak sengaja menemukan tempat makan ini. Oseng-Oseng Raja Mercon Klodran terletak di jalan Klodran Selatan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, tidak jauh dari pusat kota Solo ataupun Surakarta. 

Selesai memarkir mobil, penulis langsung ke mushola untuk sholat magrib karena waktunya juga hampir menunuukan pukul 7 malam. Sementara ibu negara langsung memesan makanan. Menu favorit seperti ikan bakar, ayam bakar, oseng kangkung dan lele goreng pun kami pesan. Tidak lupa dengan menu pendamping lainnya seperti oseng mercon, lalap dan es teh manis. 

Sembari menunggu pesanan datang, penulis menemani si kecil berlarian di area tempat makan. Selang 15 menit, pesanan pun datang. Aroma pedas oseng-oseng mercon langsung menyambar hidung. 

Gigitan pertama cukup membuat lidah saya kaget sebab rasa pedasnya benar-benar di luar dugaan. Rasanya belum pernah saya menemukan makanan sepedas ini. Sesuai dengan namanya ‘mercon’, makanan ini sukses memberikan sensasi meledak-ledak di mulut maupun di perut saya. 

Oseng-oseng mercon sendiri sebenarnya lebih mirip seperti sambal goreng. Kalau dirasakan dari teksturnya, oseng-oseng dibuat dari irisan daging yang dioseng dengan baluran bumbu rempah, cabai rawit, dan gula Jawa. Teksturnya sangat berminyak dengan sedikit rasa gurih yang menempel di lidah. Bagi anda pecinta makanan pedas, pedasnya oseng-oseng mercon ini pas, masih bisa dinikmati!

Rasa pedasnya teras tidak menyengat ketika menyerang mulut dan tenggorokan hingga sampai ubun-ubun. Bagi penulis, kepedasan oseng-oseng mercon adalah level pedas yang pas dan layak untuk dicari.

Dari segi harga, banyak yang mengatakan kalau seporsi oseng-oseng raja mercon klodran ini tidak kemahalan. Mengingat porsinya yang banyak untuk satu keluarga. Misalnya untuk satu paket oseng mercon lele yang terdiri dari nasi putih, lele goreng, sambal, lalapan dan teh tawar, harganya Rp20.000 an saja.

Soal kenyamanan dan kerahaman tempat makan sendiri, meski pelanggan yang berkunjung tergolong ramai, tak akan sulit mencari tempat duduk karena tempatnya yang luas. Pelanggan juga diberi kebebasan memilik tempat duduk dengan meja makan ataupun duduk lesehan. Pelanggan bisa dine-in, take-away maupun delivery lewat Go-Food dan Grab Food.

Pun dengan tempat parkir yang lapang, sehingga tak perlu mengantri yang tentunya membuat pengalaman kuliner kurang menyenangkan.

Mencicipi pedasnya oseng-oseng raja mercon Klodran melengkapi wisata kuliner Anda saat berada di sekitar Solo ataupun Surakarta. Kapan lagi menikmati hidangan serba pedas menggugah selera sambil ditemani hamparan padi sepanjang mata memandang. Jadi jangan sampai kelewatan untuk mampir!

Jika tak sempat untuk mampir, Anda yang berada di sekitar Solo bisa dipesan lewat aplikasi Gofood dan Grabfood Oseng-Oseng Raja Mercon-Klodran. (RCS)

Yosi Winosa

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.