Cicipi Makanan Legenda di Bogor, Mie Ayam Sido Mampir

28 Desember 2022 11:15 WIB

Mie Ayam Bakso Sido Mampir (Sidomampir.id)

JAKARTA - Mencicipi sebuah makanan ibaratnya adalah sebuah perjalanan. Ketika menemukannya pasti timbul rasa untuk kembali lagi.

Sudah banyak di Indonesia beberapa tempat makanan yang memang menyandang status legenda. Dari mulai makanan ringan, makanan berat, hingga yang memang warisannya dituruskan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Kalau anda main-main ke Bogor, usahakan mampir ke kedai mie ayam legendaris ini, namanya adalah Mie Ayam Bakso Sido Mampir.

Mie ayam bakso sido mampir dirintis oleh H.Ngatimin sejak tahun 1974. Beliau adalah bukti bahwa usaha bisa dibangun dengan modal "dengkul" asalkan memiliki keteguhan niat untuk bekerja keras dan tidak gampang menyerah.

Selalu berusaha tidak merugikan orang lain dan jujur adalah prinsip yang selalu dipegangnya. Beliau yakin bahwa energi positif itu selalu ada dan manusia akan menerima kembali energi positif yang disebarnya.

Sampai dengan detik ini, mie ayam racikan belau selalu mengedepankan kualitas dalam produksinya. Bahan baku yang dipakai adalah bahan baku yang sudah memiliki jaminan mutu tersendiri. Berusaha memanjakan pelanggannya dengan rasa yang enak di lidah tapi tetap aman untuk kesehatan.

Mie ayam bakso sido mampir H.Ngatimin tidak menggunakan bahan pengawet, pengenyal dan bahan kimia lain di dalam produksinya. Karenanya semua produk mie ayam bakso sido mampir H.Ngatimin yang diproduksi sendiri alias homemade ini memiliki batas expired hanya beberapa hari saja.

Maka dari itu, untuk memberikan jaminan kepada para pelanggannya, mie ayam yang terletak di Jl.Pahlawan Bogor dan juga Jl.Raya Tajur ini sudah memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Adapun beberapa menu andalannya adalah sebagai berikut:

a. Mie Ayam Bakso

Mie ayam bakso adalah sajian perpaduan antara mie telur home made dengan bakso halus dan bakso urat dalam kuah kaldu lezat yang panas.

Kemudian ditambah dengan saus sambal berkualitas dan sambal cabai yang diproduksi sendiri oleh dapur mie ayam bakso sido mampir dengan menggunakan 100% cabai rawit hijau dan cabai rawit merah, yang pastinya akan memberikan sensasi menikmati mie dan bakso yang tidak terlupakan bagi anda para penggemar pedas.

b. Bakso

Bakso di Mie Ayam Bakso Sido Mampir H.Ngatimin hanya menggunakan daging sapi yang fresh (tidak beku).

Komposisi daging sapinya lebih dominan sampai dengan 98% bagian dibanding bahan lainnya. Dan hal itulah yang membuat bakso di Mie Ayam Bakso Sido Mampir memiliki kekenyalan tersendiri meski tidak menambahkan bahan pengenyal, bahan pengawet atau bahan kimia lainnya.

Lalu disajikan dengan kuah kaldu panas yang bumbunya pun diolah secara tradisional (non instan).

c. Bihun/Mie Bakso

Bihun/Mie Bakso adalah sajian perpaduan bihun/mie dengan bakso halus dan bakso urat di dalam kuah kaldu lezat yang panas.

Ditambah saus sambal berkualitas dan sambal cabai yang diproduksi secara homemade menggunakan 100% cabai rawit hijau dan cabai rawit merah, yang akan memberikan menyantap bakso yang tidak terlupakan bagi anda penggemar pedas.

d. Mie Ayam

Mie yang terbuat hanya dengan menggunakan tepung berkualitas tinggi. Tanpa menggunakan bahan pengawet, pewarna atau bahan kimia lainnya, pewarna atau bahan kimia lainnya.

Kelembutan dari mienya yakni 100% dari kualitas bahan baku yang dipakai. Olahan ayamnya hanya menggunakan daging ayam yang segar.

Kekuatan rasanya selain dari kualitas daging ayamnya juga berasal dari bumbu dan rempah yang digunakan. Dimasak secara tradisional tanpa bumbu instan.

Mie yang direbus bersama sayur sawi lalu disajikan dengan taburan ayam berbumbu, akan memanjakan lidah anda dengan kelezatan yang sulit ditemukan di tempat lain.

e. Tongseng

Tongseng sapi adalah olahan daging sapi pilihan dan kubis dengan kuah santan kental yang berbumbu dan berempat tradisional (non instan). Disajikan lengkap dengan sepiring nasi hangat, acar, sambal tomat dan kerupuk udang.

f. Soto Bening Sapi/Ayam

Soto bening sapi/ayam adalah soto tak bersantan dengan bumbu yang diolah tradisional (non instan). Disajikan panas dengan campuran soun dan touge dalam kuah soto bening ayam/sapi.

Ditambah sepiring nasi hangat dengan sambal cabai asli (homemade), karak (kerupuk beras) dan sedikit perasan jeruk nipis. Anda akan menemukan soto bening ayam/sapi yang akan memberi kelezatan yang berbeda. 

Feby Dwi Andrian

Berbagi informasi seputar review makanan dan rekomendasi tempat makan dan minum yang asik di berbagai kota dari sejumlah sumber.