Sega Jamblang, Legendaris Kuliner Khas Cirebon

08 Februari 2019 16:00 WIB

Penulis:PesenMakan.id

Sega Jamblang, Legendaris Kuliner Khas Cirebon

Sega Jamblang – Foto Oleh muhamad syahri romdhon

Pesenmakan.id Cirebon – Anda sudah tidak asing kan dengan nasi kucing yang dijual di angkringan Jogja, baik di kota asal, maupun yang tersebar di daerah-daerah lain? Tapi bukan angkringan yang saya akan ceritakan, melainkan masakan yang serupa tapi tidak kalah menarik. Yes. Sega Jamblang. Nama ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian yang tinggal di daerah bahkan pusat sekalipun.

Salah satu makanan utama pesisir pantura ini sudah dikenal oleh masyarakat luas wilayah Cirebon. Selain karena banyaknya yang menjual nasi jamblang, namun karena harganya yang sangat bersahabat. Sega Jamblang dikenal baik di kalangan menengah kebawah hingga level atas. Dari kaum alit seperti tukang becak, sampai pada kaum elit, yakni presiden sekalipun. Luar biasa bukan.

Sega Jamblang Mang Dul

Penasaran kan Food Lovers? Oke, Anda dapat segera menuju Jalan Dr. Ciptomagunkusumo di Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Mudahnya, carilah perempatan Gunung Sari, dan Anda akan melihat toko Sega Jamblang Mang Dul di jejeran toko, atau cukup tanya mbah Google yang akan mengawal pencarian Anda.

Meski tampak sederhana, tempat makan ini pernah dikunjungi oleh Presiden, sejumlah tokoh Negara, hingga para artis. Anda dapat memesan nasi yang berukuran kecil. Tapi sebentar dulu. Anda yang baru pertama kali melihat, tidak perlu aneh dengan daun jati yang membungkus nasi itu. Dan juga tidak perlu takut kotor karena sang pelayan sudah membersihkan daun jati itu.

Justru inilah yang menjadi pembeda dengan nasi kucing dan lainnya. Daun jati yang menyelimuti nasi berkhasiat membuat kualias nasi cukup berbeda. Para ahli memiliki cara khusus dalam proses memasak nasi yang langsung dibungkus dengan daun jati. Nasi akan lebih pulen dan tahan lama.

Sega Jamblang – Foto Oleh muhamad syahri romdhon

Sega Jamblang

Sega berarti nasi. Sega Jamblang adalah nasi yang dibungkus daun jati yang berukuran kecil-kecil. Bukan untuk sedekar sensasi, tapi masakan ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan menjadi salah satu makanan khas kuliner Cirebon. Sedangkan Jamblang diambil dari salah satu nama kecamatan yang terletak di jalur utama pantura.

Ada beberapa menu lauk pauk yang dapat Anda pilih di meja hidangan. Tapi biasanya, pelayan akan menawarkan sambal merah yang sangat khas di nasi jamblang. Sate kentang, tahu tempe, ikan asin dan jangan lewatkan sontong alias cumi yang berkuah hitam. Lauk terakhir ini juga diambil dari perairan laut Cirebon.

Kenikmatan Sensasi Makan Di atas Daun

Sega Jamblang – Foto Oleh muhamad syahri romdhon

Meski sangat banyak yang menjual sega jamblang, kenikmatan di lokasi ini sudah teruji. Rasa olahan di tiap lauk pauk membuat lidah enggan untuk mengakhiri makanan. Tidak sedikit pengunjung yang sebelumnya meminta nasi tiga buah, terus tambah karena kenikmatan cita rasanya. Sambal goreng merah khas jamblang membuat nafsu makan tak mereda.

Belum lagi dengan aneka ragam lauk pauk yang disediakan di dalam mangkuk. Ada kuah kental daging sapi yang gurih dan sedap yang tak dapat diremehkan, sate kentang berselimut parutan kepala, dan sepotong ikan asin jambal roti membuat perjalanan kuliner Anda sangat sempurna. Menu sederhana dengan harga yang pas dengan kantong membuat Anda tidak mudah melupakan Kota Udang ini.

Es Duren – Foto Oleh muhamad syahri romdhon

Anda juga dapat melengkapi kenikmatan kuliner di lokasi ini dengan menyantap es duren yang tepat berada di depan Sega Jamblang Mang Dul. Campuran sirup campolay khas Cirebon membawa suasana kian segar.

GoFood

Langsung lapar dan tergoda setelah membaca ulasan ini? Segera buka aplikasi Gojek dan pesan melalui GoFood. Cukup cari ketik Nasi Jamblang Mang Dul, maka kalian akan dengan mudah menemukannya beserta menu-menu pilihan. Tapi memang ada beberapa menu yang belum masuk dalam list, sehingga Anda perlu pesan manual.

( PENA/MSR )